8 Ide Bisnis Kerajinan Tangan Kreatif Penghasil Cuan

3 min read

Ide Bisnis Kerajinan Tangan

Bisnis Kerajinan Tangan – Bisnis kerajinan tangan mungkin menjadi pilihan untuk kamu yang ingin mengubah hobi menjadi sumber penghasilan. Di tengah barang-barang yang diproduksi massal, bisnis kerajinan tangan masih memiliki tempat di hati beberapa peminatnya sehingga kamu tidak perlu takut kehilangan pelanggan.

Karena keunikannya, bisnis kerajinan tangan justru lebih disukai oleh beberapa orang sehingga membuka bisnis di bidang ini mempunyai peluang keuntungan yang cukup besar.

Jika dijalani dengan sungguh-sungguh, bisnis kerajinan tangan ini dapat membuka lapangan pekerjaan baru. Saat semakin berkembang, kamu juga dapat memasuki pasar ekspor. Mari simak sekitar bisnis kerajinan tangan, mulai dari ide usaha dan tips menjalaninya!

Untuk kamu yang ingin merintis bisnis kerajinan tangan, tetapi masih bingung untuk membuka usaha apa, mungkin dapat cari referensi dari beberapa ide usaha kerajinan tangan di bawah ini:

8 Ide Bisnis Kerajinan Tangan

1. Lukisan

Untuk kamu yang memiliki keterampilan menggambar, dapat mencoba untuk membuta usaha jasa lukis. Lukisan termasuk jenis karya yang amat banyak diminati karena nilai keindahannya.

Selain bisa dijadikan sebagai dekorasi ruangan, lukisan bisa juga digunakan sebagai ide bingkisan atau hadiah untuk beberapa orang tersayang. Oleh karena itu, kamu mempunyai target pasar yang cukup luas untuk memasarkan lukisan hasil karyamu.

Untuk menjual jasa lukis, kamu dapat menyediakan berbagai ukuran lukisan. Harga jual yang dikenakan pada pelanggan juga bisa bervariasi, tergantung dari tingkat kesulitannya.

Agar semakin menarik, kamu dapat menawarkan beberapa pilihan gaya lukisan. Misalnya, lukisan naturalisme, realisme, dan romantisme.

Lilin Aroma terapi. Ilustrasi foto: Pexels

2. Lilin Aroma terapi

Salah satu ide usaha kerajinan tangan yang dapat kamu coba, yaitu lilin aromaterapi. Kini, lilin aromaterapi cukup eksis di pasaran karena banyak diminati untuk mengharumkan ruangan dan relaksasi.

Tidak hanya dibeli untuk penggunaan pribadi, lilin aromaterapi banyak juga dijadikan sebagai ide bingkisan. Misalnya, dalam souvenir pernikahan atau hampers pada momen tertentu.

Umumnya, lilin aromaterapi dibuat menggunakan bahan-bahan alami, seperti soy wax, palm wax, dan beeswax. Kamu dapat membuat lilin aromaterapi dengan berbagai variasi aroma.

Buatlah racikan aroma lilin yang menenangkan dan menyegarkan. Kemudian, kreasikan bentuk dan warnanya sehingga lebih menarik.

3. Aksesoris

Bisnis kerajinan lainnya yang bisa kamu coba rintis, yaitu usaha aksesoris. Sekarang, ada berbagai jenis aksesoris yang dapat kamu buat sendiri.

Salah satu jenis aksesoris yang paling populer dibuat dari beads atau manik-manik. Kamu juga dapat membuat kalung, cincin, atau gelang dari bahan itu.

Mainkan warna dan model aksesori yang menarik. Cari berbagai referensi untuk mengetahui trend aksesori seperti apa yang lagi banyak diminati pasar.

Selain membuat aksesori untuk dikenakan di tangan dan leher, kamu bisa juga membuat aksesori berupa strap mask atau strap kacamata. Kini, kedua item itu telah menjadi salah satu jenis kerajinan tangan yang populer.

Strap mask dapat digunakan untuk menggantung masker di leher saat tidak dikenakan, atau bisa dipakai sebagai konektor, yang dapat disangkutkan pada rambut yang diikat dan memutar ke belakang kepala. Sementara strap kacamata dapat digunakan untuk menggantung kacamata dan menambah nilai estetika saat digunakan.

4. Sablon Kaos

Ide bisnis kerajinan tangan lainnya yang mungkin dapat kamu coba, yaitu membuat kaos sablon dengan berbagai desain. Jasa sablon kaos termasuk dalam usaha yang banyak diminati. Masyarakat banyak yang mencari jasa ini untuk memesan kaos seragam.

Untuk mendirikan jasa sablon kaos, kamu perlu berinvestasi dengan peralatan sablon. Kamu dapat menyablon kaos secara manual atau menggunakan mesin press.

Harga jasa sablon kaos yang kamu tetapkan dapat bervariasi, bergantung pada tingkat kesulitan gambar yang dicetak. Selainnya mesin, kamu perlu menyediakan berbagai model kaos, yang dibedakan berdasarkan bahan, ukuran, sampai warnanya.

Vas Bunga. Ilustrasi foto: Pexels

5. Vas Bunga

Jenis kerajinan tangan lainnya yang mungkin dapat kamu jadikan ide usaha ialah vas bunga. Selain dijadikan tempat untuk menanam bunga dan tanaman hias lainnya, vas bunga juga banyak dicari pelanggan sebagai dekorasi rumah yang menarik.

Ada berbagai jenis vas bunga yang dapat kamu buat. Misalnya, dari tanah liat atau memanfaatkan barang bekas. Buat juga vas bunga dengan berbagai ukuran dan hiasan. Kerahkan semua kreativitas kamu untuk membuat vas bunga yang estetik. Makin unik vas bunga yang kamu buat, maka akan semakin menarik minat pelanggan dan nilai jualnya dapat bertambah.

6. Sabun Organik

Ide bisnis kerajinan tangan selanjutnya yang dapat kamu coba, yaitu membuat sabun organik. Kini sabun organik dapat dibuat dengan berbagai variasi warna, bentuk, dan aroma.

Lebih banyak pilihan sabun organik yang ditawarkan, maka akan semakin besar minat pelanggan pada produk kamu. Sebelum memutuskan untuk menjual sabun organik, kamu mungkin membutuhkan beberapa kali eksperimen.

Untuk membuat, kamu dapat mencari tutorial dari internet. Coba buat sabun yang bervariasi, kemudian lakukan uji coba ke keluarga dan teman terdekat untuk mengetahui produk mana yang layak jual dan tidak.

Kemudian, kamu dapat menjual sabun organik secara satuan atau bundle. Jangan lupa untuk mengemasnya dengan tempat yang menarik untuk meningkatkan minat pelanggan dalam membeli.

Kartu Ucapan. Ilustrasi foto: Pexels

7. Kartu Ucapan

Kebiasaan masyarakat Indonesia yang seringkali mengirimkan bingkisan ke orang tersayang dapat kamu manfaatkan sebagai ide bisnis.

Misalnya, dengan membuat kartu ucapan handmade sehingga lebih bermakna untuk penerimanya. Ini menjadi ide bisnis kerajinan tangan yang menguntungkan.

Kartu ucapan yang dibuat dengan tulis tangan atau yang juga dikenal sebagai hand lettering cukup banyak dicari karena nilai seni dan keunikannya.

Kamu juga dapat berkreasi dengan berbagai bahan dalam membuat kartu ucapan. Dapat menggunakan kertas karton warna-warni, kanvas, keramik dari tanah liat, atau bahkan akrilik. Semakin sulit dan semakin unik hasil kartu ucapannya, maka akan semakin tinggi juga nilai jualnya.

8. Produk Rajut

Kerajinan tangan lainnya yang dapat kamu gunakan sebagai ide usaha, yakni produk hasil rajutan. Usaha produk rajut dapat kamu awali dengan modal yang minimal.

Ini karena kamu tidak membutuhkan banyak bahan dan peralatan, cukup benang dan jarum rajut. Ada banyak produk hasil merajut yang dapat kamu buat. Mulai dari tas, sepatu, sweater, topi, atau selimut.

Dalam menjalani usaha ini, dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan karena proses merajut dapat disebut cukup sulit. Semakin sulit produk rajut yang dibuat dan semakin unik juga modelnya, maka akan semakin tinggi harga jual yang dapat kamu tetapkan.

Pelanggan yang menyukai karya seni tentu tidak akan ragu untuk membelinya karena memiliki nilai estetika sekaligus keunikan yang tidak dapat ditemukan pada produk lainnya.

Selain menjual produk jadi , kamu juga bisa menjual set alat rajut ke pelanggan. Kamu dapat menjual produk kerajinan tangan sendiri di beberapa platform e-commerce sekaligus.

Itulah ulasan dari AmandaVina.com tentang beberapa ide bisnis kerajinan tangan yang dapat dijadikan inspirasi untuk memulai usaha tanpa modal besar dan tentunya sangat menguntungkan. Manakah yang menarik hatimu?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *