Resep Terong Balado Khas Jawa yang Empuk dan Enak

2 min read

Resep Terong Balado Khas Jawa – Halo, anak muda yang suka makan enak! Kali ini, kita akan membahas tentang resep yang gokil abis, yaitu resep terong balado khas Jawa. Siapa sih yang nggak suka terong balado? Gimana nggak suka, terongnya yang empuk dipadu dengan balado pedas yang nagih bikin kamu ketagihan! Yuk, kita simak bareng-bareng resepnya yang simple dan bikin lidah bergoyang!

Resep Terong Balado Khas

Resep Terong Balado Khas Jawa Enak

Resep Terong Balado Khas Jawa adalah suatu panduan yang menjelaskan langkah-langkah untuk membuat hidangan yang terkenal dari daerah Jawa, yaitu terong balado. Terong balado adalah olahan terong yang digoreng dan disajikan dengan balado, yaitu bumbu pedas khas Indonesia. Dalam resep ini, terong dipotong-potong dan digoreng hingga kecokelatan, kemudian dicampur dengan bumbu balado yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, dan cabai rawit merah. Bumbu ini memberikan cita rasa pedas, gurih, dan harum yang khas.

Resep terong balado khas Jawa menjadi populer karena kombinasi unik antara terong yang lembut dengan bumbu balado yang pedas dan nikmat. Hidangan ini biasanya disajikan sebagai lauk yang menggugah selera dalam hidangan makanan sehari-hari. Terong balado dapat dinikmati dengan nasi hangat atau sebagai pelengkap dalam hidangan nasi atau mi goreng. Kelezatan dan kepedasan bumbu balado serta tekstur terong yang kenyal menjadikan resep ini sangat diminati oleh pecinta masakan pedas di Jawa maupun di seluruh Indonesia.

Resep Terong Balado Khas Jawa memungkinkan siapa saja untuk mencoba memasak hidangan yang lezat ini di rumah. Dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan langkah-langkah yang sederhana, resep ini cocok bagi pemula yang ingin mencoba masakan tradisional Jawa. Dalam resep ini, terong digoreng terlebih dahulu untuk memberikan tekstur yang renyah dan aroma yang menggugah selera. Selanjutnya, bumbu balado yang terdiri dari bawang, cabai, dan rempah-rempah ditumis hingga harum dan kemudian dicampur dengan terong yang telah digoreng. Proses memasak ini memberikan perpaduan rasa yang sempurna antara pedas, gurih, dan segar dalam setiap suapan terong balado yang disajikan.

Resep Terong Balado Khas Jawa

Bahan-Bahan yang Diperlukan:

Sebelum kita mulai meracik terong baladonya, kita perlu mempersiapkan beberapa bahan yang diperlukan. Nah, ini dia bahan-bahan yang harus kamu siapin:

  • 500 gram terong ungu, potong-potong sesuai selera
  • 4 siung bawang merah, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 5 buah cabai merah keriting, iris serong
  • 3 buah cabai rawit merah, iris serong (sesuaikan dengan tingkat kepedasan yang kamu suka)
  • 2 lembar daun jeruk, iris tipis
  • 2 lembar daun salam
  • 1 batang serai, memarkan
  • 1 sendok makan gula merah, sisir
  • 1 sendok teh garam
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng
Resep Terong Balado Khas Jawa

Langkah-Langkah Pembuatan Terong Balado:

  1. Pertama-tama, kita perlu menggoreng terongnya terlebih dahulu. Panaskan minyak goreng dalam wajan yang cukup besar. Setelah minyak panas, goreng potongan terong hingga kecokelatan. Angkat dan tiriskan.
  2. Selanjutnya, kita akan membuat bumbu balado yang super pedas dan lezat. Panaskan sedikit minyak dalam wajan yang bersih. Tumis bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, dan cabai rawit merah hingga harum.
  3. Setelah bumbu harum, tambahkan daun jeruk, daun salam, dan serai. Aduk rata dan masak beberapa saat hingga bumbu matang sempurna.
  4. Kemudian, masukkan terong yang telah digoreng ke dalam wajan. Aduk rata dengan bumbu balado. Tambahkan gula merah dan garam, lalu aduk kembali hingga semua bahan tercampur merata.
  5. Tutup wajan dan masak terong dengan api kecil selama kurang lebih 10-15 menit. Pastikan terong matang dan bumbu meresap dengan baik.
  6. Terong balado siap disajikan! Kamu bisa langsung menyantapnya dengan nasi hangat, atau bisa juga dijadikan sebagai lauk untuk makan siang atau malam. Selamat menikmati!
Resep Terong Balado Khas Jawa

Tips Tambahan:

  • Untuk mendapatkan cita rasa terong balado yang lebih mantap, kamu bisa menambahkan sedikit air jeruk nipis saat menggoreng terong. Caranya, setelah terong digoreng hingga kecokelatan, taburi dengan air jeruk nipis secara merata. Hal ini akan membuat terong lebih segar dan tidak terlalu berminyak.
  • Jika kamu tidak terlalu suka pedas, kamu bisa mengurangi jumlah cabai rawit yang digunakan. Atau sebaliknya, jika kamu pecinta pedas sejati, tambahkan lebih banyak cabai rawit sesuai dengan selera kamu.

Nah, itulah ulasan dari AmandaVina.com tentang resep terong balado khas Jawa yang super gokil dan bikin ketagihan! Yuk, coba buat sendiri di rumah dan rasakan sensasi pedas dan lezatnya. Jangan lupa share juga resep ini kepada teman-temanmu, biar pada ikutan kecanduan! Selamat mencoba, dan selamat menikmati sajian terong balado yang nggak kalah enaknya sama yang di resto mahal! Mantap, bro!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *